Pemerintah Desa Sebilo Gelar Musdesus Penetapan Calon Penerima BLT-DD TA 2021

by -18 views

BENGKULU SELATAN|| KEJORATIMES.com  – Pemerintah Desa Sebilo Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan gelar Musdesus penetapan Validasi penerima bantuan BLT-DD TA 2021, dilaksanakan  di Kantor Desa Sebilo, Selasa18/03/2021.

Semenjak Terjadinya Pademi covid-19 perputaran perekonomian masyarakat sangatla terganggu, sehingga bayak usaha masyarakat tidak jalan. Juga yang kerja mendapatkan pinalti PHK di mana mana.

Dengan adanya musibah ini pemerintah mencari langka untuk membantu perekonomian masyarakat bisa jalan walaupun seadanya. Sehingga pemerintah melakukan perogram bantuan untuk masyarakat yang mendapat dampak pandemi covid ini. Dengan cara memberikan bantuan langsung tunai BLT-DD dengan sumber dana yang di ambil dari Dana Desa (DD).

Untuk memberikan bantuan ini, pemerintah membuat aturan yang mengacu pada yang berhak menerima BLT-DD ini. Sehingga pemerintah pusat dan Daerah bekerja sama untuk merialisasikan bantuan ini ke masyarakat yang benar” layak menerimahnya. sehingga Pemerintah Desa dan BPD merikerut tim pendata  untuk survy kelapangan langsung mendata masyarakat yang berhak menerima BLT-DD ini, yang benar benar katagori miskin belum menerima bantuan sama sekali.

peserta musyawarahBLT DD

Dengan adanya hasil  tim surpy ini, pemerintah Desa mengadakan Musdesus untuk mendapatka hasil validasi penerima BLT-DD TA 2021, sehingga di dalam penetapan Validasi penerima BLT-DD TA 2021, Ini berpedoman pada keputusan Kementrian Keuangan yang menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Tentang pengelolaan Dana Desa ( DD ) tahun anggaran 2021, No. 222/PMK.07/2020. Seluruh Desa di Indonesia diwajibkan kembali menganggarkan BLT-DD terhitung dari bulan Januari sampai Desember dengan besaran Rp. 300.000/ bulan per KK Penerima Manfaat  KPM , sesuai dgn pasal 39 Peraturan Menteri Keuangan PMK , No. 222/PMK.07/2020.

peserta musdesus BLT DD

Yang di hadiri Kades dan perangkat, Ketua BPD dan anggota, Camat Pino yang diwakili setap kecamatan, Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa serta peserta penerima BLT-DD TA 2021. Tetap ikuti perotokol Covid-19 Cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

Kepala Desa Sebilo Saripin S, IP dalam sambutanya menyampaikan, di dalam menentukan Validasi data Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD tahun 2021, agar yang di validasi jangan sampai ada yang mendapatkan bantuan PKH, UMKM, PRAKERJA, BST, BPNT dan bantuan lainya dari Pemerintah.

“berdasarkan hasil musdesus penerima BLT-DD TA 2021 Ditetapkan 48 KK , ini adalah hasil keputusan bersama Pemerintah Desa,BPD, Tim pendata survy di lapangan, dan masyarakat, tidak ada unsur KKN dan rekayasa sama sekali,”  jelas Kades Saripin S, IP.

[ Alf ]

top