Pemerintah Desa Dusun Baru, Dan BPD Tetapkan Penerima BLT-DD TA 2021 41 KPM.

by -14 views

BENGKULU SELATAN || KEJORATIMES.com Pemerintah dan BPD Desa Dusun Baru Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan gelar musdesus calon penerima BLT-DD, Dilaksanakan di Kantor Desa Dusun Baru, Selasa 23/032021.

Yang dihadiri oleh Plt Desa dan perangkat, BPD dan Anggota, Camat Seginim, Serta masyarakat peserta calon penerima BLT-DD, tetap ikuti protokol covid-19 cuci tangan, pakai masyarakat dan jaga jarak.

Di mana Kementrian Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Tentang pengelolaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021, No. 222/PMK.07/2020, dan Peraturan Mentri Desa nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa, Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021. Desa diwajibkan kembali menganggarkan BLT-DD,  terhitung dari bulan Januari sampai Desember dengan besaran Rp. 300.000 / KPM Keluarga Penerima Manfaat. Adapun mekanisme dan tata cara penyalurannya pun sudah di tentukan. Di mana KPM penerima BLT Dana Desa 2021 adalah KPM penerima BLT DD 2020 dengan mempertimbangkan hasil pemutakhiran atau validasi data KPM 2020.

peserta musyawarah

Pjs Kades Rizon  Dalam sambutanya,   hari ini merupakan rencana tindak lanjut dari laporan tim relawan Covid-19 dalam melakukan pendataan keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana DD. Diharapkan kepada masyarakat jangan sampai ada salah paham atau ada intimidasi dari kami, kita serahkan semua kepada hasil musyawarah kita bersama, sehingga hasil ini adalah hasil kesepakatan bersama jelas Pjs Kades.

Validasi data KPM BLT DD merupakan langkah atau cara untuk memastikan bahwa calon penerima BLT DD tahun 2021 tidak termasuk kedalam data penerima bantuan seperti bantuan PKH, UMKM, BST, PRAKERJA, dan bantuan-bantuan lainnya dari Pemerintah.

masyarakat peserta calon penerima BLT-DD

Ketua BPD Dalam sampaianya,“Di dalam penetapan penerima BLT-DD ini aturannya jelas, BLT DD diperuntukan untuk masyarakat miskin yang berdomisili di desa setempat dan belum tersentuh bantuan lainnya dari Pemerintah, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menkeu nomor 222 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan nomor 140/28/2021,” tegasnya. Lanjutnya, penetapan KPM BLT Dana Desa harus dilakukan dengan penuh ke hati-hatian, sebab yang namanya bantuan harus sesuai dengan keperuntukannya, juga harus tepat sasaran jangan sampai menimbulkan konflik sosial di masyarakat, keputusannya harus tepat dan cermat.

“Setiap masyarakat yang memenuhi kriteria yang di atur dalam PMK maupun surat Edaran tentunya harus kita prioritaskan,” jelas Ketua BPD kosomo Subagio.

Dari hasil keputusan bersama Validasi hasil musdesus penerima BLT-DD TA 2021 di tetapkan Sebanyak 41 KPM. basis datanya itu di ambil dari data tahun 2020, akan tetapi data tersebut divalidasi terlebih dahulu sebelum ditetapkan, ada juga usulan baru”

Semoga dari hasil rapat hari ini segera ditindak lanjuti oleh Pemerintah Desa untuk di masukan kedalam APBDes, sebab sesuai dengan instruksi Presiden, bahwa BLT DD harus segera di realisasikan, dan bisa membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

[ Alf ]

top