Kembalikan Predikat Lumbung Pangan, Usulan Prioritas Didominasi Infrastruktur

by -31 views
Musrenbang Kecamatan Seginim
Para pejabat OPD Bengkulu Selatan dan Muspika Seginim usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Seginim, Kamis (13/2) pagi.

BENGKULU SELATAN | KEJORATIMES.COMTekad segenap masyarakat Kecamatan Seginim menjadikan kembali wilayah di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu itu sebagai lumbung pangan tercermin dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), Kamis ((13/2/2020) pagi.

Dalam Musrenbangcam yang dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bengkulu Selatan, Pemerintah Kecamatan dan Muspika Seginim, serta seluruh kepala desa dan lurah ini tercetus 58 usulan pembangunan infrastruktur, 14 usulan bidang sosial budaya, dan 13 usulan bidang ekonomi.

Hampir semua item dari 58 usulan bidang infrastruktur —menelan anggaran Rp 62,3 miliar— tersebut terkait prasarana pendukung pertanian dan permukiman. Sementara bidang sosial budaya dan ekonomi hanya Rp 11 miliar lebih.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan, H Rifa’i Tajudin, setelah membuka acara Musrenbangcam mengatakan, tingginya usulan masyarakat di bidang infrastruktur penunjang pertanian menunjukkan tingginya animo mengembalikan predikat Seginim sebagai lumbung pangan.

Dalam konteks kedaulatan pangan, Rifa’i berharap, dukungan pembangunan dari APBD Kabupaten Bengkulu Selatan dapat memotivasi para petani meningkatkan produktifitas, sehingga tidak ada lagi areal persawahan dibiarkan terbengkalai.

“Semoga itu (sawah terbengkalai-red) tidak terjadi lagi, karena (selain infrastruktur seperti jalan dan jembatan-red) fasiltas yang kurang masih bisa juga dibijaki dinas pertanian sebagai OPD teknis,” ucapnya.

Kita hanya perlu fasilitasi kebutuhan mereka secara baik dan serius. “Kalau SDM petaninya, saya sangat yakin. Tidak perlu diragukan lagi, petani di sini sudah teruji. Mereka hanya butuh difasilitasi,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Seginim Mardalena SPd MSi menjelaskan, hasil Musrenbangcam ini berikutnya akan dipaparkan dalam Musrenbang tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

“Semoga usulan-usulan ini bisa disetujui di Musrenbangkab nanti, agar harapan masyarakat bisa terpenuhi tahun depan. Mengembalikan Seginim sebagai lumbung pangan adalah tugas bersama, saya harap seluruh masyrakat kita dan pemda mendukung,” pungkasnya.[pian]