DESA PAJAR BULAN MELAKSANAKAN MUSRENBANGDES

by -23 views

BengkuluSelatanKejoraTime.Com Desa Pajar Bulan  Tela melakanakan MusDes, Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPD guna menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan tahun 2021. dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2020 kamis pagi. bertempat di aula TPQ kantor desa pajar bulan.

Musrembangdes ini di pandu oleh pak Matlin. dihadiri Kepala desa pajar bulan, wakil dari camat seginim, perwakilan kapolsek, puskesmas, pendamping desa bumdes, tokoh masyarakat dan warga desa.

Kepala Desa Dan Dari pihak kecamatan

Musrembangdes di awali dengan penyanpaian dari Daus  Selaku Kepala Desa Pajar Bulan, ” Kegiatan ini adalah acara rutin tahunan BPD untuk menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan tahun 2021. kegiatan ini adalah murni kegiatan BPD, sebab BPD ini adalah lembaga desa yang menampung aspirasi warga , inilah momentumnya bagi kita semua apa yang akan di usulkan, silahkan di sampaikan”.

Disisilain kades sempat menyinggung program desa, ” kedepannya kita akan lebih fokus lagi dengan warga yang perekonomian lemah, itu salah satu target utama yang akan diupayakan untuk kesejaterahaan warga desa, “paparnya.

Penyampaian Ketua BPD

Sementara Daryono Ketua BPD menyampaikan,” musrembangdes ini adalah kegiatan tahunan yang selalu di laksanakan untuk menampung usulan masyarakat. tapi bukan untuk membahas usulan yang lalu, namun untuk menampung usulan untuk pembangunan TA.2020

Masyarakat Menyampaikan Usulan

 

kepada masyarakat untuk mengusulkan usulan sebanyak mungkin, jangan takut, kita catat dan verifikasi oleh TIM II nantinya, dan kita proses apakah usulan ini bisa di tangani oleh desa atau kabupaten dengan harapan usulan kita terealisasi semua,” jelasnya ketua.

Apip dan Daus
Sedangkan camat seginim melalui Apip Kasi PMD kecamatan menyampaikan, “kegiatan ini terselenggara karena dalam tata kelola pemerintahan desa selalu berpedoman pada regulasi dan perundang-undangan yang berlaku”.

Disisi lain apip menyampaikan pesan dari undang-undang , “bahwa tahun 2020 ini perangkat desa di wajibkan untuk menguasai kemajuan teknologi informatika, khususnya aplikasi pemerintahan desa sebab pengelolaan Dana Desa (DD) mulai tahun ini telah menggunakan aplikasi E-Pleaning atau Siskeudes dan lainnya, “jalas kasi PMD kecamatan ini.

Sedangkan di acara inti adalah menampung usulan warga, diantaranya,

Usulan Syaidin, mengusulkan pembangunan rabat beton disekitar kantor polsek seginim dan lampu jalan di setiap desa.

Usulan Titi suryani kader KPM. mengusulkan pengadaan sarana prasarana kesehatan.

Usulan Deka Anggota PKK, mengusulkan agar diadakan pelatihan SDM tentang PKK.

Hensi Herawati anggota ibu-ibu pengajian, mengusulkan agar di adakan pelatihan pengurusan jenazah.

Unasman mengusulkan jalan menuju gedung bumdes agar di rabat dan agar di adakan pelatihan anggota bumdes serta seragam pengurus bumdes.

Fery, anggota karang taruna mengusulkan untuk di belikan sarana dan prasarana olahraga desa.
Sedangkan usulan yang diusulkan oleh Yukar cukup kocak dan membuat sorak tawa peserta rapat. Yukar mengusulkan, ” minta agar dibelikan hand traktor 4 unit, selebihnya kalau masih ada uangnya belikan aja “calok belacan/ terasi” agar satu desa bisa merasakan bau terasi,” usulan Yukar ini disambut teriakan tawa ria dari peserta musyawarah.

Usulan Yukar ini membuat situasi menjadi lebih seru, bercampur aduk dengan situasi kocak namun tetap dalam keseriusan dan musyawarah berjalan dalam budaya desa, kekeluargaan, keakraban dengan satu tujuan pembangunan.

Sedangkan usulan selanjutnya masih banyak lagi sebagaimana yang di catat dan di tampung oleh noutulen rapat.

Usai pembahasan dan perdebatan yang cukup alot dan yang di bumbui dengan kekocakan musrembangdes di tutup dengan doa, “Alhmdulillah” sekaligus acara santap siang.

Penulis (Alf)