Ajak warga bersihkan Kanal Babinsa Parebok untuk penuhi pasokan air

by -11 views

 

KOTA WARINGINN TIMUR- KEJORATIMES.com Selasa (26/1/21) – Agar air dapat mengalir lancar sehingga meningkatkan kualitas pertanian masyarakat, Babinsa Parebok, Koramil 1015-06/Samuda, Serda Zubilianto bersama warga setempat bergotong-royong membersihkan kanal air dan bahu jalan di Desa Parebok, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Serda Zubilianto selaku Babinsa setempat bersama masyarakat untuk membersihkan saluran irigasi air sebagai salah satu akses air bagi pertanian masyarakat, pada hari Senin kemarin.

Babinsa Parebok, Serda Zubilianto mengatakan, pembersihan kali ini bertujuan untuk melancarkan saluran air yang tersumbat di karenakan dalam waktu dekat masyarakat di Desa Parebok akan mulai bercocok tanam sehingga mambutuhkan pasokan air yang cukup banyak.

“Sebelum melakukan gotong-royong, terlebih dahulu di lakukan pengecekan kondisi saluran irigasi air di masing-masing kawasan, sebagian besar saluran air tersebut sudah mulai tersumbat dan dipenuhi sedimen, sehingga perlu dibersihkan”, ucap Serda Zubilianto.

Saat ini, kata Serda Zubilianto, warga mulai membajak di sawah dan menyemai benih, sehingga membutuhkan aliran air yang lancar. Untuk itu kita gotong-royong membersihkan saluran air yang tersumbat dipenuhi sedimen

“Dalam kegiatan ini, kami telah koordinasi dengan perangkat desa untuk bergotong-royong melakukan pembersihan saluran air agar bisa memenuhi pasokan air bagi tanaman,” tandasnya. (Pendam XII)

(Alf)

top